-->

Alat-Alat Pencernakan Manusia dan Fungsinya Lengkap


Keterangan gambar :
Tongue = rongga mulut
Eshopagus = tenggorokan
Liver = hati
Gallbladder = empedu
Stomach = lambung
Large Intestine = usus besar
Small  Intesine = usus halus
Appendix = usus buntu

Sistem pencernaan adalah sekelompok organ-organ yang bekerja sama untuk mengubah makanan menjadi energi dan dasar gizi untuk memberi makan seluruh tubuh. Makanan melewati saluran panjang dalam tubuh yang dikenal sebagai saluran pencernaan (saluran cerna). Saluran pencernaan terdiri dari rongga mulut, faring, kerongkongan, lambung, usus halus,  usus besar.dan anus Selain saluran pencernaan, ada beberapa organ atau alat-alat aksesori penting yang membantu tubuh anda untuk mencerna makanan. Aksesori alat-alat sistem pencernaan termasuk gigi, lidah, kelenjar ludah, hati, kandung empedu dan pankreas. Untuk mencapai tujuan memberikan energi dan nutrisi pada tubuh, enam fungsi utama berlangsung dalam sistem pencernaan yaitu :
  1. Konsumsi
  2. Sekresi
  3. Pencampuran dan gerakan
  4. Pencernaan
  5. Penyerapan
  6. Ekskresi


Alat-Alat Pencernaan Mausia dan Fungsinya


1. Mulut


Makanan mulai perjalanannya melalui sistem pencernaan dalam mulut, juga dikenal sebagai rongga mulut. Di dalam mulut yang banyak organ aksesori yang membantu dalam pencernaan makanan yaitu lidah, gigi, dan kelenjar ludah. Gigi memotong makanan menjadi potongan-potongan kecil, yang dibasahi oleh air liur sebelum lidah dan otot-otot lain mendorong makanan ke faring (tekak). 

Rongga mulut

Gigi

Gigi adalah 32 tulang kecil, yang ditemukan di sepanjang tepi atas dan bawah dari mulut. Tiap gigi terbuat dari tulang-seperti zat yang disebut dentin dan ditutupi lapisan enamel — zat yang paling keras dalam tubuh. Gigi hidup organ dan mengandung pembuluh darah dan syaraf dentin di wilayah lembut yang dikenal sebagai pulp. Gigi yang dirancang untuk memotong dan menggiling makanan menjadi potongan-potongan yang lebih kecil.

Lidah

Lidah terletak di bagian bawah dari mulut yang terletak diantara gigi. Lidah Ini adalah organ kecil yang terdiri dari beberapa pasang otot-otot yang terdapat dalam lapisan tipis berbentuk bergelombang, seperti kulit. Luar lidah berisi banyak papila kasar untuk mencengkeram makanan seperti dipindahkan oleh otot-otot lidah. Seleradi permukaan lidah mendeteksi rasa  dalam makanan dan terhubung ke saraf-saraf di lidah untuk mengirimkan informasi rasa ke otak. Lidah juga membantu untuk mendorong makanan ke bagian dalam dari mulut untuk menelan.

Kelenjar ludah. 

Sekitar mulut adalah 3 zat kelenjar ludah. Kelenjar adalah organ aksesori yang menghasilkan sekresi berair yang dikenal sebagai air liur. Air liur membantu membasahi makanan dan mulai pencernaan karbohidrat. Tubuh juga menggunakan air liur untuk melumasi makanan saat melewati mulut, faring, dan kerongkongan.


2. Faring dan Kerongkongan

Faring, atau tekak, adalah saluran berbentuk pipa terhubung ke ujung pangkal mulut. Faring bertanggung jawab menelan makanan yang telah dikunyah makanan akan ditelan dari mulut ke kerongkongan. Faring juga memainkan peran penting dalam sistem pernafasan, seperti udara dari rongga hidung melewati faring menuju laring dan akhirnya paru-paru. Karena faring melayani dua fungsi yang berbeda, yang berisi flap jaringan yang dikenal sebagai epiglotis yang bertindak sebagai sebuah saklar untuk rute makanan ke kerongkongan dan udara laring.

Kerongkongan adalah otot faring yang menghubungkan ke perut yang merupakan bagian dari saluran pencernaan bagian atas tabung. Ini membawa ditelan massa mengunyah makanan sepanjang panjangnya. Di ujung inferior kerongkongan cincin otot yang disebut perut yang lebih rendah, sfingter empedu dan pancreasesophagealatau sfingter jantung. Fungsi sfingter ini adalah untuk menutup akhir kerongkongandan perangkap makanan di perut.


3. Lambung

Lambung adalah kantung otot yang terletak di sisi kiri rongga perut, hanya kalah diafragma. Orang rata-rata, perut adalah tentang ukuran dua kepalan tangan mereka ditempatkan di samping satu sama lain. Organ utama ini bertindak sebagai sebuah tangki penyimpanan makanan sehingga tubuh memiliki waktu untuk mencerna makanan besar dengan benar. Perut juga mengandung asam klorida dan enzim pencernaanyang terus pencernaan makanan yang dimulai di mulut.


4. Hati dan kandung empedu

Hati adalah organ aksesori kira-kira segitiga pada sistem pencernaan yang terletak di sebelah kanan perut. Hati beratnya sekitar 3 pon dan adalah organ terbesar dalam tubuh. Hati memiliki banyak fungsi yang berbeda dalam tubuh, tetapi fungsi utama dari hati dalam pencernaan adalah produksi empedu dan sekresi nya ke usus halus. Kandung empedu adalah kecil, berbentuk buah pir organ terletak hanya posterior ke hati. Kandung empedu digunakan untuk menyimpan dan mendaur ulang kelebihan empedu dari usus halus sehingga dia dapat digunakan kembali untuk pencernaan makanan berikutnya.


5. Pankreas

Pankreas adalah kelenjar besar terletak hanya inferior dan posterior ke perut. Hal inisekitar 6 inci panjang dan berbentuk seperti ular pendek, kental dengan "kepala" terhubung ke "ekor" menunjuk ke kiri dinding rongga perut dan duodenum. Pankreasmensekresi enzim pencernaan dalam usus kecil untuk menyelesaikan kimia pencernaan makanan. Usus


6. Usus besar

Usus besar adalah tabung panjang, tebal sekitar 2 ½ inci dalam diameter dan panjang sekitar 5 kaki. Usus besar ini terletak hanya lebih rendah daripada perut dan membungkus di sekitar perbatasan yang superior dan lateral dari usus halus. Usus besar menyerap air dan mengandung banyak bakteri simbiosis yang membantu dalam mengolah sisa makanan untuk mengekstrak sejumlah kecil unsur hara. Kotoran dalam usus besar keluar dari tubuh melalui anus.
sumber : http://www.innerbody.com/image/digeov.html


7. Usus halus

Terletak di usus kecil antara lambung dan usus besar. Ini adalah saluran panjang usus dengan dinding otot. Dinding usus kecil terdiri dari tiga lapisan, yaitu tunica mukosa,tunica muscularis dan tunica serosa. Tunica muscularis yang menyebabkan usus kecil bagian gerakan.

Usus kecil terbagi menjadi tiga bagian, yaitu:

a. Deudenum (usus 12 jari). Deudenum sekiar panjang 25-30 cm, berbentuk tapal kuda kurva ke kiri. Pada lengkungan ini ada pankreas yang menghasilkan amilase untuk mencerna karbohidrat yang melayani dissacharide. Di sini terjadi pencernaan kimia. Deudenum Muara saluran berasal dari hati, saluran keleodokus dan berasal dari pankreas, yaitu pankreas.

b. Usus kosong (jejunum). Panjang sekitar 7 meter. Dalam usus kosong, makanan ini masih mengalami pencernaan kimia oleh enzim yang dihailka oleh dning usus,sehingga menjadi sangat lembut bubur nd tipis. Ini adalah tempat untuk akhir pencernaan makanan sebelum nutrisi diserap di usus penyerapan.

c. Usus penyerapan (usus illium). Usus penyerapan adalah penyerapan terjaina sari-sari makanan dengan panjang sekitar 1 meter. Ini adalah dimana sari-sari makanan diserap oleh usus pencernaan proses-seberkas seberkas (vili).

Dinding usus kecil seberkas tertutup oleh sel tiang.kira terdpat sekitar 500 sel di setiap tumpukan seberkas. Setiap sel berisi sekitar 1.000 mikrovili. Ini juga memperluaspermukaan vili dinding usus sehingga penyerapan makanan nutrisi Leih menajdi efektif. Enzim dalam mikrovili itu akan menghancurkan parikel makanan kecil cukup untuk diserap.Dalam setiap seberkas pembuluh darah yang halus dan getah bening saluran (Kil pembuluh darah) yang menyerap nutrisi dari serpihan permukaan. Vena mengambil glukosa, asam amino dan mineral, sementara gliserol dan asam lemak memasukkan kapal Kil.

Usus kecil dinding usus menghasilkan getah yang berisi beberapa enzim, lain anatarenterokinase, erepsin, laktase, intertase, dan maltase. Fungsi enterokinase untuk mengubah enzim diproduksi oleh pankreas menjadi tripsin tripsinogen. Erepsin berfungsi untuk meningkatkan pencernaan protein mengubah pelipeptida menjadi berbagai asam amino. Laktase, intertase dan maltase diklasifikasikan sebagai berfungsi dalam pengembangan lengkap Pati pencernaan disakarase (ailum) dengan mengubahguladisakarida menjadi gula monosakarida.

sumber : http://worldhealthblogs.blogspot.co.id/2011/07/intestine-smooth-tools-digestion-in.html

Sistem pencernaan bertanggung jawab untuk mengambil seluruh makanan dan mengubahnya menjadi energi dan nutrisi untuk memungkinkan tubuh untuk fungsi, tumbuh, dan memperbaiki diri. Proses utama enam dari sistem pencernaan termasuk:
Konsumsi makanan Sekresi cairan dan enzim pencernaan Pencampuran dan gerakan makanan dan limbah melalui tubuh Pencernaan makanan menjadi potongan-potongan kecil Penyerapan nutrisi Ekskresi limbah

Konsumsi

Pertama fungsi sistem pencernaan adalah konsumsi, atau asupan makanan. Mulut bertanggung jawab untuk fungsi ini, seperti itu adalah lubang di mana semua makanan memasuki tubuh. Mulut dan perut juga bertanggung jawab untuk penyimpanan makanan seperti itu adalah menunggu untuk dicerna. Kapasitas penyimpanan ini memungkinkan tubuh untuk makan hanya beberapa kali setiap hari dan menelan lebih banyak makanan daripada ini dapat memproses pada satu waktu.

Sekresi

Dalam perjalanan sehari, sistem pencernaan mengeluarkan sekitar 7 liter cairan. Cairan ini meliputi air liur, lendir, asam klorida, enzim, dan empedu. Air liur kelembabanmakanan kering dan berisi amilase kelenjar ludah, sebuah enzim pencernaan yang dimulai pencernaan karbohidrat. Lendir berfungsi sebagai penghalang pelindung dan pelumas dalam saluran cerna. Asam klorida membantu untuk mencerna makanan kimiawi dan melindungi tubuh dengan membunuh bakteri dalam makanan kita. Enzim adalah seperti kecil mesin biokimia yang membongkar besar makro molekul seperti protein, karbohidrat 

sumber : http://www.innerbody.com/image/digeov.html

Disqus Comments
Powered by Blogger.