Pada tahun 2017 ada revisi kurikulum 2013 yaitu dikeluarkannya matapelajaran matematika dan PJOK dari tematik. Sehingga banyak teman-teman guru banyak mencari KD dan KI matematika untuk menyusun RPP.
KD dan Indikator Pengetahuan Matematika Semester 1 Kurikulum 2013 Revisi 2017
3.1Menjelaskandan melakukan penjumlahan dan pengurangan dua pecahan dengan penyebut berbeda3.1.1 Menentukan hasil operasi hitung penjumlahan yang melibatkan berbagai bentuk pecahan1.
3.1.2. Menentukan hasil operasi hitung pengurangan yang melibatkan berbagai bentuk pecahan.
3.2 Menjelaskan dan melakukan perkalian dan pembagian pecahan dan desimal
3.2.1. Menentukan hasil operasi hitung perkalian yang melibatkan berbagai bentuk pecahan.
3.2.2. Menentukan hasil operasi hitung pembagian yang melibatkan berbagai bentuk pecahan.
3.2.3. Menyelesaikan soal cerita pecahan, desimal, dan persen menggunakan operasi hitung penjumlahan, pengurangan,perkalian danpembagian secara benar
3.3 Menjelaskan perbandingan dua besaran yang berbeda (kecepatan,sebagai perbandingan jarak dengan waktu, debit sebagai perbandingan volume dan waktu)
3.3.1. Menentukan rumus kecepatan
3.3.2. Menentukan jarak, waktu dan kecepatan dengan satuan yang sama
3.3.3. Memecahkan masalah yang melibatkan perbandingan senilai dan perbandingan terbalik
3.4 Menjelaskan skala sesuai denah
3.4.1. menjelaskan masalah sederhana yang melibatkan skala
3.4.2. Mengenal dan menggambar letak benda pada sistem koordinat
KD Keterampilan Matematika Semester 1 Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2017
4.1 Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan penjumlahan dan pengurangan dua pecahan dengan penyebut berbeda
4.2 Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan perkalian dan pembagian pecahan dan desimal
4.3 menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan perbandingan dua besaran yang berbeda (kecepatan, debit)
4.4 Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan skala pada denah
3.5 Menjelaskan, dan menentukan volume bangun ruang dengan menggunakan satuan volume (seperti kubus satuan) serta hubungan pangkat tiga dengan akar pangkat tiga. Menjelaskan dan menemukan jaring-jaring bangun ruang sederhana (kubus dan balok)4.2 Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan perkalian dan pembagian pecahan dan desimal
4.3 menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan perbandingan dua besaran yang berbeda (kecepatan, debit)
4.4 Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan skala pada denah
KD Pengetahuan Matematika Semester 2 Kurikulum 2013 Revisi 2017
3.6 Menjelaskan dan menemukan jaring-jaring bangun ruang sederhana (kubus dan balok)
3.7 Menjelaskan data yang berkaitan dengan diri peserta didik atau lingkungan sekitar serta cara pengumpulannya
3.8 Menjelaskan penyajian data yang berkaitan dengan diri peserta didik dan membandingkan dengan data dari lingkungan sekitar dalam bentuk daftar, tabel, diagram gambar (piktogram), diagram batang, atau diagram garis
KD Keterampilan Matematika Semester 2 Kurikulum 2013 Revisi 2017
4.5 Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan volume bangun ruang dengan menggunakan satuan volume (seperti kubus satuan) melibatkan pangkat tiga dan akar pangkat tiga4.6 Membuat jaring-jaring bangun ruang sederhana (kubus dan balok)
4.7 Menganalisis data yang berkaitan dengan diri peserta didik atau lingkungan sekitar serta cara pengumpulannya
4.8 Mengorganisasikan dan menyajikan data yang berkaitan dengan diri peserta didik dan membandingkan dengan data dari lingkungan sekitar dalam bentuk daftar, tabel, diagram gambar (piktogram), diagram batang, atau diagram garis