-->

Pembagian Sebagai Pengurangan Berulang, Sifat Pembagian Serta Penerapannya dalam Kehidupan Sehari-hari


Pembagian Sebagai Pengurangan Berulang
Contoh :
Fatimah mempunyai satu kotak pensil yang isinya 20 biji.
Fatimah ingin berbagi dengan memberikan semua pensilnya ke sahabat-sahabatnya yang bernama Zainab, Aisyah, Zahra dan Sofiah.
Maka supaya adil dan merata setiap anak mendapat berapa pensil ?

Fatimah pertama memberi masing-masing temannya satu-satu, karena masih diberi satu-satu lagi berulang kali hingga pensilnya habis. Ternyata masing-masing anak mendapat 5 pensil
 







                            Zainab                 Aisyah
 






          Zahra                                     Sofiah
 







Kegiatan diatas dapat dinyatakan :
20 - 4 – 4 – 4 – 4 – 4 = 0
Jadi , 20 : 4 = 5
20 sebagai bilangan yang dibagi
4 sebagai bilangan pembagi
                                                                                                                  5 sebagai hasil bagi
Atau
20 : 4 = ......
 20
   4  -  ( 1 kali )
 16
   4 –  (2 kali )
 12
   4 –  (3 Kali )
   8
   4  -   (4 kali)
   4
   4  -  (5 kali )
   0
jadi 20 : 4 = 5

Latihan soal
1.   24 : 4 = 20 – 4 – 4 – 4 – 4 - 4 = 0  jadi 24 : 4 = 5
2.   36 : 6 = ....
3.   28 : 4 = ....
4.   20 : 10 = ....
5.   21 : 7  = ....
6.   14 : 2 = ....
7.   18 : 6 = ....
8.    25 : 5 = ....
9.   12 : 3 = ....
10. 10 : 2 = ....

Pekerjaan Rumah (PR)
Bagilah gambar-gambar berikut dengan memberi tanda sesuai jumlah yang diminta
1.






Bagilah buah-buah apel diatas  menjadi 3 kelompok yang sama banyak.
Setiap kelompok berisi .... buah
Jadi , 15 : 3 = ....
2.






Bagilah permen-permen diatas menjadi 5 kelompok yang sama banyak.
Setiap kelompok berisi .... buah.
Jadi, 40 : 5 = ....
3.





Bagilah bola basket diatas menjadi 6 kelompok sama banyak.
Setiap kelompok mendapat .... buah bola basket.
Jadi, 36 : 6 = ....

4.









Bagilah donat diatas menjadi 5 kelompok yang sama banyak.
Setiap kelompok berisi .... buah
Jadi, 25 : 5 = ...


5.






Bagilah piring-piring diatas  menjadi 8 kelompok yang sama banyak
Setiap kelompok berisi .... buah
Jadi, 48 : 8 = ...
B. Sifat Pembagian
1. Pembagian sebagai Lawan dari Perkalian
Bentuk pembagian 15 : 3 = 5
                            Dapat diubah menjadi bentuk perkalian 3 x 5 =15 atau 5 x 3 = 15


2.  Membagi dengan bilangan satu
Contoh ada 4 kurma dibagikan kepada 1 orang.
                               Maka orang tersebut mendapat 4 buah kurma . Ditulis 4 : 1 = 4
Kesimpulannya bila bilangan dibagi 1 maka hasilnya adalah bilangan itu sendiri

 




3.  Membagi Bilangan dengan Bilangan itu Sendiri
Contoh Ustadzah Anjar memiliki 8 permen akan dibagikan kepada 8 siswanya. Maka setiap siswa akan mendapat 1 butir permen.
     Kesimpulanya bilangan yang dibagi dengan bilangan itu sendiri hasilnya = 1
Ditulis  8 : 8 = 1



I. Latihan soal
Isilah titik-titik dibawah ini dengan tepat !
1.   24 : 8 = 3 bentuk perkaliannya adalah 3 x 8 = .....
                                                                         8 x 3 = ......
2.   45 : 5 = 9 bentuk perkaliannya adalah  ..... x .... = 45
                                                                           5    x .....= .....
3.   40 : 8 = 5 bentuk perkaliannya adalah  ..... x .... = 40
                                                                           5    x .....= .....
4.   72 : 8 = 9 bentuk perkaliannya adalah    8  x .... = ......
                                                                           9   x .....= .....
5.   60 : 10 = 6 bentuk perkaliannya adalah  ..... x .... = 60
                                                                           10    x .....= .....

Pekerjaan Rumah (PR)
Ubahlah perkalian berikut ke dalam bentuk pembagian dan sebaliknya
Pembagian
Perkalian
No
....
....
....
....
....
21 : 7 = 3
48 : 6 = 8
24 : 6 = 4
25 : 5 = 5
63 : 9 = 7
5 x 1 = 5
4 x 3 = 12
4 x 4 = 16
6 x 7 = 42
9 x 8 = 72
....
....
....
....
....

1.
2.
3
4.
5.
6.
7.
8.
9.
10.


II. Latihan soal
Ayo. Isilah titik-titik dibawah ini dengan benar !
1.   8 : 1     = .....  
2.   7 : 1     = .....  
3.   6 : 1     = .....  
4.   5 : 1     = .....  
5.   4 : 1     = .....  
6.   18 : .... = 18  
7.   10 : .... = 10  
8.   15 : .... = 15  
9.   12 : .... = 12  
10.   8 : .... = 8 
III. Latihan soal
Ayo. Isilah titik-titik dibawah ini dengan benar !
1.   9 : 9       = .....
2.   4 : 4       = .....
3.   10 : 10  = .....
4.   15 : 15   = .....
5.   17 : 17   = .....
6.   5 : ....     = 1
7.   6 : ....     = 1
8.   7 : ....     = 1
9.   15 : ....   = 1
10.  13 : .... = 1

C. Operasi Hitung Pembagian
1. Membagi Berturut-turut Tiga Bilangan
Contoh
Berapakah 12 : 2 : 3  ?
jawab             6 : 3 = 2 jadi 12 : 2 : 3 = 2

                                                      2. Pasangan Bilangan yang Hasil Baginya Diketahui
8
:
8
.....
16
.....
24
......
8
:
8
1
16
2
24
3
                   Jawab:



3. Masalah Sehari-hari yang Berkaitan Dengan Pembagian
Contoh:
Fatimah siswa yang dermawan dia suka berbagi kepada teman-temannya.
Fatimah memiliki buah rambutan sebanyak 30 buah.
Rambutan tersebut akan dibagikan semuanya kepada 5 temannya.
Agar pembagiannya adil dan merata berapa banyak rambutan yang diterima?
Jawab   30 : 5 = 6
Jadi tiap temannya menerima 6 buah rambutan.

I.Latihan soal
Ayo isilah titik-titik dibawah ini dengan benar !
1.   24 : 3 : 2 = ....
2.   27 : 3 : 3 = .....
3.   40 : 5 : 2 = .....
4.   20 : 2 : 2 = .....
5.   50 : 5 : 2 = .....

II. Pekerjaan Rumah (PR)
Isilah titik-titik berikut dengan pasangan bilangan yang tepat!
1. Fatimah mempunyai permen 24 buah.
Permen itu akan dibagikan kepada 4 sahabatnya sama banyak.
Berapa permen yang diterima masing-masing sahabatnya ?  ....

2. Ustadzah mempunyai 40 buku tulis.
Buku itu sebagai hadiah untuk yang juara cerdas cermat dan ada 4 siswa.
Berapa banyak buku yang diterima masing-masing siswa?  ....

3. Kelas ruqoyah memiliki 72 kursi.
Bila kursi tersebut ditata sehingga dalam setiap baris terdapat 8 kursi.
Berapa banyak baris kursi dalam ruangan tersebut ?  ....

4. Ahmad mempunyai kelereng 40 kelereng.
Kelereng itu dimasukkan dalam 4 kantong.
Berapa kelereng isi setiap kantong ?  ....

5. Umi mempunyai kotak kue, satu kotak kue dapat menampung 4 buah kue.
Jika kue Umi ada 36 buah, berapa kotak kue yang dibutuhkan Umi ?  ....



Lengkapilah tabel di bawah ini!
2
1
:

2
....

....
8

5
....

....
18

4
2.
:

....
4

3
....

....
28

8
....

6
3.
:

3
....

....
30

....
36

7
....

                                                 



7
4.
:

....
7

14
....

21
....

....
35

9
5.
:

....
18

....
27

56
....

6
....









II.Latihan soal
Lengkapilah tabel dibawah ini dengan benar !
1.
5

:

5
.....

10
.....

15
......

20
......

25
......
2.
3

:

3
.....

6
.....

9
......

12
.....

15
.....





4.
8

:

8
.....

16
.....

24
......

32
.....

40
.....

3.
7

:

7
.....

14
.....

21
......

28
.....

35
.....







III.Latihan soal
Jawablah soal-soal dibawah ini dengan tepat !
1.     Ustadzah menunjuk 3 siswa kelas Ruqoyah yaitu Fatimah, Zainab dan Zahra untuk membaca surat Al Lail (ada 21 ayat). Maka agar adil tiap siswa mendapat bagian membaca berapa ayat ? ....

2.      Umi membuat kue donat sebanyak 25 donat. Donat-donat tersebut akan diletakkan dalam 5 piring. Berapa donat dalam setiap piring ?  ....

3.     Abi membagi koin uang sebanyak 16 kepada ketiga anaknya. Berapa koin yang diterima masing-masing anak ?  ....

4.      Umar memiliki 30 kelereng. Kelereng tersebut akan dimasukkan dalam 5 kantong. Berapa butir kelereng dalam setiap kantong ?  ....



5.     Umi memiliki 40 jeruk. Jeruk itu ingin disedekahkan kepada 5 tetangganya. Maka tiap tetangga mendapat jeruk berapa ? ....

Disqus Comments
Powered by Blogger.